Recent Posts

    Tips Menata Meja Kerja Kantor agar Mood Bekerja

    Wanita masa kini sebagian besar adalah wanta karir yang banyak menghabiskan waktunya di depan layar komputer atau di atas meja kerja dengan setumpuk kertas. Ada kalanya, apalagi sifat dasar wanita yang mudah bosan. Seharian di meja kerja bisa meningkatkan kejenuhan yang memicu stress. Namun, hal itu bisa ditangani dengan Cara Menata meja kerja Anda. Menghias meja kerja juga merupakan salah satu trik agar lebih betah berlama-lama di meja kerja serta tidak cepat mengundang kejenuhan.

    Menata ruang kerja kantor memang perlu dilakukan ketika semangat kerja sudah mulai menurun. Dengan merubah ruang kerja yang sempit ditata menjadi konsep minimalis akan membuat pemandangan berbeda dan mood yang berbeda. Salah satu cara meningkatkan semangat bekerja adalah mendekorasi meja kerja Anda. Hal ini dapat diterapkan untuk meja kerja di kantor. Bisa juga diterapkan bagi orang-orang yang bekerja di rumah seperti penulis, desainer grafis, pengembang web, pengelola media online, dan sebagainya.

    Cara menata meja kantor

    Cara Menata Meja Kantor


    1. Pilih peralatan berwarna terang
    Daripada memilih warna standar, seperti hitam, cokelat atau abu-abu, coba beralih ke warna-warna terang. Warna hijau dan kuning dipercaya mampu meningkatkan kreativitas. Adapun warna biru dan merah muda bisa membuat suasana terasa lebih tenang. Pemilihan warna di meja kerja ataupun sekitarnya sangatlah berpengaruh secara tidak langsung pada mood dan semangat Anda dalam bekerja. Pilih warna terang namun jangan terlalu mencolok.

    2. Bawa peralatan sendiri
    Jika memang diperbolehkan kantor, bawalah beberapa peralatan sendiri dari rumah seperti mouse, mouse pad, laci kecil, atau tempat alat tulis sendiri. Model dan warna yang merupakan pilihan Anda sendiri tentunya akan lebih nyaman, minimal untuk diri kita sendiri. Biasanya setiap orang memiliki favoritnya masing-masing, tidak ada salahnya beberapa barang yang ada di atas meja kerja Anda adalah milik Anda sendiri. Memakai benda favorit dalam bekerja juga cenderung memperbaiki mood.

    3. Dekorasi wallpaper komputer
    Daripada melihat wallpaper standar dengan warna polos, coba ganti wallpaper dengan foto-foto menarik yang bisa Anda temukan di berbagai website. Atau jika Anda punya foto koleksi bersama teman atau keluarga, bisa Anda jadikan wallpaper juga. Jadi, secara tidak langsung ada pemandangan lain di atas meja kerja Anda.

    4. Post-it warna-warni
    Agar mudah mengingat tugas-tugas Anda, gunakan sticky notes atau post-it berwarna, kemudian ditempelkan di dekat komputer pada meja kantor atau meja kerja Anda. Selain memudahkan Anda dalam me-list pekerjaan, meja kerja juga terlihat tidak polos. Tempelkan post it di tempat yang mudah dilihat dan tidak mengganggu, jangan lupa menempelkannya dengan teratur agar meja kerja Anda tetap terlihat rapi.

    5. Tempel poster
    Jika kubikel menjadi tempat kerja Anda, hiasi kubikel dengan menempelkan poster atau potongan halaman majalah hingga membentuk kolase. Agar tidak mengotori kubikel, sebaiknya jangan menggunakan double-tape yang biasanya menempel kuat dan meninggalkan bekas.Anda bisa menempel artikel yang Anda suka dan bisa menggantinya setiap minggu atau juga hanya sebagai tempelan saja.

    6. Letakkan figura
    Dekorasi meja kerja juga dilakukan dengan memajang foto-foto kenangan dan spesial untuk Anda. Pilihlah foto berupa kenangan bersama teman atau keluarga, dan letakkan dalam figura unik. Selain mempercantik meja kerja, foto dalam figur juga bisa mengenang masa-masa bahagia itu. Anda bisa mendapatkan sedikit suntikan semangat dalam bekerja.Jangan lupa, letakkan figura di tempat yang tepat agar Anda tidak perlu menggeser-gesernya ketika bekerja dan pastikan tidak mengganggu gerakan Anda di atas meja kerja.

    7. Kutipan penyemangat
    Kutipan-kutipan penyemangat bisa dipasang sebagai bagian dari dekorasi meja kantor. Ini untuk menambah semangat bekerja dan kinerja Anda. Letakkan di tempat-tempat yang mudah terlihat.

    Kutipan penyemangat yang klasik, misalnya,

        “Hari ini akan jadi lebih baik dengan tersenyum!”
        “Nothing Impossible”

    Banyak kutipan penyemangat dari para inspirator kenamaan yang bisa Anda jadikan kutipan. Anda bisa menulisnya di atas post it juga.

    8. Tanaman mungil
    Letakkan tanaman mungil di atas meja pada ruang kerja Anda. Misalnya tanaman kaktus yang simpel namun tetap elegan. Boleh juga menggunakan tanaman lain dengan warna daun hijau, karena mampu membersihkan polusi, sekaligus membuat Anda makin semangat dalam bekerja.

    9. Benda kenangan
    Coba letakkan benda-benda yang mempunyai kenangan tersendiri bagi Anda. Misalnya sertifikat saat mengikuti workshop, piagam prestasi, hadiah dari seorang sahabat, dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut bisa menjadi hiasan yang bagus, sekaligus mengingatkan tentang apa saja yang pernah Anda raih selama ini.

    10. Tetap jaga kerapian
    Terkadang, lebih sedikit memang lebih baik, sehingga Anda tidak perlu repot membereskan barang-barang yang berantakan. Pastikan barang-barang dekorasi Anda tidak mengganggu pekerjaan. Jadi, tetap jaga kerapiannya.

    Dalam bekerja, ada hal-hal yang terkadang tanpa sengaja bisa mengganggu mood Anda, dengan adanya tips menghias meja kerja ini secara tidak langsung dapat Anda aplikasikan dan memperbaiki mood Anda selama bekerja.

    Belum ada Komentar untuk "Tips Menata Meja Kerja Kantor agar Mood Bekerja"

    Posting Komentar

    Popular Posts

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel